Welcome To My Blog! Enjoy Your Sharing :)

Thursday, November 21, 2013

Tugasmu Mengalihkan Duniaku

Dilema itu datang dari berbagai suasana misalnya kayak pemberian hadiah berupa tugas dari Dosen. Ya, ada mahasiswa yang menganggap tugas itu sebagai sebuah beban tapi ada juga yang bilang tugas itu adalah penunjang untuk memahami ilmu. Sebenernya tergantung darimana kita mandangnya deh. Semua yang terjadi pasti mempunyai nilai positif dan negatifnya tersendiri. Dan lagi-lagi kita sendirilah yang hanya bisa menilai susah atau tidaknya. Jika kita berfikiran positif tentunya akan mudah ngerjain tugasnya karena yakin pasti itu tugas bakalan kelar pada waktunya begitu juga sebaliknya, kalo negative mungkin tinggal menunggu ilham yang datang dari langit *jeng..jeng*

Sebelum itu, berdasarkan pengamatan yang saya lakukan, tugas itu mempunyai tipe-tipe. Ada yang disukai, ada yang sedang-sedang saja adapula tugas yang dibenci. Semua ini saya dapatkan dari berbagai kalangan mulai dari yang rajin ngerjain tugas sampai ke yang ogah-ogahan. Pertama, kategori tugas yang termasuk dalam tipe yang disukai oleh sebagain besar mahasiswa adalah tugas yang mudah, contohnya mengerjakan tugas matematika yang dikerjakan bareng-bareng sama orang yang ngerti dan soalnya sedikit. Beuh, kalo sudah dikasih tugas dengan tipe ini tentunya hati jadi tenang, santai, kalem. Kemudian ketika dosen memberi tugas yang sedang-sedang saja ya hati mahasiswa juga diantara senang dan biasa-biasa saja karena tugasnya itu ya masih diambang kewajaran misalnya mengerjakan tugas presentasi atau tugas yang kira-kira mata kuliahnya itu masih gampang kalo dikerjakan sendiri. Dan terkahir adalah tipe tugas yang dibenci oleh sebagian besar mahasiswa yang tidak menikmati tugas tersebut. Biasanya tugas ini sifatnya terlalu sulit untuk dikerjakan, soalnya banyak dan susah-susah serta membutuhkan pikiran yang keras buat menyelesaikannya.

Dilain hal, tugas itu mempunyai nilai positif bagi kita sebagai seorang mahasiswa, selain membuat Mahasiswa menjadi lebih memahami bahwa segala sesuatunya butuh perjuangan, pemberian tugas dari dosen juga mempunyai hikmah bermanfaat lainnya. Misalnya adalah seorang Mahasiswa diajarkan untuk bekerja baik dalam tim, membuat mahasiwa tidak gampang untuk putus asa, tidak meremehkan tugas yang mudah dan sedang-sedang saja, ya secara keseluruhan tugas itu membuat mahasiswa menjadi pribadi yang lebih disiplin dan komitmen atas apa yang sedang dijalani dalam hidupnya. Namun, tugas juga membuat waktu kita terkikis untuk bermain, berkumpul bersama teman, keluarga dan lainnya. Ya, kadang saya berfikir bahwa tugas tidak datang pada waktu yang tepat karena bisa jadi tugas yang diberikan membuat hancur rencana bermain dan istirahat. Ya tapi mau gimana lagi, tugas tetaplah tugas, dan semua tugas itu harus dikerjakan dalam keadaan dan kondisi apapun, tak mengenal apa kita sedang sibuk atau tidak.

Oleh karena berbagai hal tersebut, mahasiswa dituntut untuk sebijak mungkin. Karena tugas yang diberikan oleh dosen kepada kita pasti mempunyai tujuan. Yang pertama tentunya menambah kemampuan atau kepahaman kita terhadap materi yang sudah diberikan. Selain itu, tugas yang diberikan tidak akan mungkin diluar kemampuan kita. Kita pasti bisa mengerjakan tugas sesulit apapun asal kita mau mencari solusinya ketika kita tidak paham sama sekali. Solusi yang dapat digunakan seperti diskusi, belajar kelompok dan lain-lain. Meskipun tugas itu pada akhirnya dapat mengalihkan dunia kita dalam bermain dan berkumpul bersama teman-teman, tapi setiap tugas itu akan lebih bermanfaat dari hal tersebut. Saran saya, kita harus pandai membagi waktu, memanajemen waktu agar semua kegiatan yang ingin kita lakukan dapat terlaksana dengan baik. Karena tugas itu lebih baik daripada tidak ada tugas (re: Pengangguran).

No comments:

Post a Comment