Welcome To My Blog! Enjoy Your Sharing :)

Tuesday, November 12, 2013

Karya Mahasiswa

Berkarya merupakan hal yang penting bagi seorang mahasiswa. Karya merupakan suatu hal yang menunjukkan kualitas dari  mahasiswa tersebut. Dalam pengertiannya, karya adalah suatu yang dihasilkan melalui pemikiran dan kreatifitas seseorang. Di dalam perkuliahan, seorang mahasiswa dituntut untuk berfikir bagaimana caranya untuk meningkatkan perubahan yang baik di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu karya yang baik demi kelanjutan dan perkembangan budaya di Indonesia khusunya dan di dunia pada umumnya. Karya dapat diciptakan oleh beberapa orang mahasiwa yang membentuk tim maupun seorang saja yang mempunyai tekad yang tinggi demi perubahan yang lebih baik.

Untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas, adakalanya usaha yang dilakukannya pun berkualitas. Selain itu, banyak kriteria yang diperlukan agar menjadi mahasiwa yang berkualitas sehingga dapat berkarya. Niat, merupakan hal yang pertama kali dilakukan untuk menjadi pribadi mahasiwa yang berkualitas. Kita harus memantapkan niat yang didalam hati dengan sebuah keyakinan bahwa “Saya harus sukses!” Karena apa yng diawali dengan niat yang baik bukan tidak mungkin berakhir dengan hal yang baik pula. Dan jangan membuat niat menjadi berubah arah, maksudnya ketika niat kita adalah menjadi seorang yang sukses maka jangan dikotori dengan niat-niat yang lainnya. Fokuskan pada satu tujuan dan bayangkan kesuksesan sudahlah didepan mata. Berusaha Keras, tak akan mampu suatu do’a mencapai kesuksesan tanpa dibarengi dengan usaha yang maksimal. Usaha yang maksimal tentunya berkorelasi dengan sebuah hasil yang maksimal pula. Ketika kita ingin berkarya maka berusalah semaksimal mungkin tanpa kenal adanya rasa lelah sampai tercapainya sebuah target kesuksesan yang ditargetkan. Selain itu, caranya adalah Berfikir Kreatif,  terus belajar dari orang yang sukses maka kita akan semakin terinspirasi untuk berfikir kreatif. Karena sebagai sebuah ketetapan, kita mengenal adanya rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Ketika kita ingin berkarya maka hal yang pertama adalah mengamati hasil karya orang lain yang tentunya sudah hebat dimata kita. Amati bagaimana dia membuat karya, amati bagaimana dia memulai dan mengamati bagaimana dia dapat membuat suatu karya yang hebat, amatilah sedetail mungkin dengan cermat dan penuh rasa semangat. Setelah mengetahui, maka tirulah cara dia menjadi orang yang pandai berkarya. Setelah itu modifikasi karya yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi dan tidak sama dengan karya orang lain (re: plagiat).

Sebuah karya itu dapat mencakup semua bidang, baik itu sains maupun sosial humaniora dan bidang-bidang lainnya. Tidak seharusnya mahasiswa ekonomi berkarya dalam bidang ekonomi, karena kreatifitas itu tanpa batas sifatnya. Mengeksplorasi kemampuan merupakan cara terbaik untuk menjadi mahasiwa yang berkulitas dan berkarya. Menjadi seorang mahasiwa yang pandai dalam segala hal merupakan tujuan yang harusnya dicapai oleh kita sebagai maahasiswa. Yang menjadi jurusan kita adalah wajib untuk dipelajari dan jurusan yang lain adalah perlu untuk kita dapati.

Mahasiswa merupakan penggerak perubahan (Agent of Change). Maka sudah seharusnya mahasiwa berkarya. Begitu banyak hal yang dapat menginspirasi kita untuk menjadi mahasiswa yang berkarya. Contohnya adalah seorang Mahasiswa UI yang mendirikan Qur’an Foundation yang menargetkan seorang mahasiwa dapat menghafal 5 juz dalam Alqur’an ketika lulus kuliah nanti. Selain itu, ada mahasiwa ITS yang membuat kendaraan yang ramah lingkungan, dan masih banyak contoh karya yang inspiratif lainnya. Berdasarkan hal tersebut tentunya menjadi pemicu untuk kita dalam memulai berkarya, janganlah menunggu atapun menikmati hasil karya orang lain. Berusahalah untuk membuat orang lain menikmati karya yang kita buat. Karya atau sebuah kreatifitas tidaklah akan pernah mati, karena ilmu itu terus berkembang sesuai dengan berkembangnya pemikiran manusia. Terakhir, patrikan dalam hati kita bahwa ketika mahasiswa lain dapat berkarya maka kitapun harus yakin bisa.

No comments:

Post a Comment