Pengertian
Produksi
Produksi yang
menghasilkan barang dan jasa baru sehingga dapat menambah jumlah, mengubah
bentuk, atau memperbesar ukurannya. Misalnya beternak dan bercocok tanam.
Produksi
diartikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan atau menambah daya guna suatu
barang sehingga lebih bermanfaat. Misalnya pertukangan dan kerajinan.
Tujuan
Produksi
1. Memperbanyak
jumlah barang dan jasa
2. Menghasilkan
barang dan jasa yang berkualitas tinggi
3. Memenuhi
kebutuhan sesuai dengan peradaban
4. Mengganti
barang-barang yang rusak atau habis
5. Memenuhi
pasar dalam negeri untuk perusahaan dan rumah tangga
6. Memenuhi
pasar internasional
7. Meningkatkan
kemakmuran
Proses
Produksi
Suatu kegiatan
yang dilakuka nmelalui tahapan-tahapan tertentu untuk menghasilkan atau
menambah manfaat barang atau jasa.
Etika
dalam Produksi Barang dan Jasa
Kegiatan
produksi berarti membuat nilai manfaat atas suatu barang atau jasa. Produksi
dalam hal ini tidak diartikan dengan membentuk fisik saja. Sehingga kegiatan
produksi mempunyai fungsi menciptakan barang dan jumlah yang tepat. Oleh karena
itu, dalam proses produksi biasanya perusahaan menekankan agar produk yang
dihasilkan mengeluarkan biaya yang murah, melalui pendayagunaan sumber
daya-sumber daya yang dibutuhkan, didukung dengan inovasi dan kreativitas untuk
menghasilkan barang dan jasa tersebut. Misalnya berproduksi dengan cara
konvensional/tradisional, tetapi sekarang dengan pemanfaatan teknologi yang
tepat guna.
Jika kegiatan
produksi ini berstandar dunia, maka harus berdasarkan standar dunia yang diakui
misaknya ISO 9000 tentanh peningkatan kualitas prodyksi ataupun ISO 14000
tentang peningkatan pola produksi berwawasan lingkungan, membangun pabrik atau
perusahaan yang ramah lingkungan (go green) dengan sasaran pada keselamatan
kerja, kesehatan dan lingkungan yang maksimal dengan limbah nol.
Hukum harus
dijadikan sarana pencegahan bagi pelaku bisnis. Perilaku pelaku bisnis yang
dapat membahayakan masyarakat dalam memproduksi barang dan jasa harus dijerat
dengan norma-norma hukum yang berlaku sehingga masyarakat umum tidak dirugikan
dan pemerintah juga ikut membina pelaku-pelaku bisnis di Indonesia agar
memiliki moral dan etika bisnis yang baik sehingga diharapkan dapat bermanfaat.
Kesimpulannya, Etika
bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh
aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
No comments:
Post a Comment