Perusahaan
didirikan dan menjalankan operasionalnya bukan hanya memiliki tanggung jawab
ekonomis kepada Pemegang Saham dan tanggung jawab legal kepada Pemerintah, akan
tetapi memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang merupakan
komponen terbesar dalam pertumbuhan perusahaan dengan harapan dapat memberikan
pengaruh ekonomi serta dukungan sosial terhadap masyarakat.
Sebagai wujud atas dukungan perusahaan
terhadap Program Pemerintah dalam mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi
masyarakat umumnya serta terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan
lapangan kerja dan memperdayakan masyarakat, maka PT Asuransi Jasa Indonesia
(Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui implementasi Program
Tanggungjawab Sosial Perusahaan ( Corporate Social Responsibility ) ikut
berperan aktif untuk mendorong serta menciptakan kesempatan kerja yang
merupakan komitmen perusahaan dalam berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi
yang berkelanjutan dalam wujud peningkatan kualitas hidup masyarakat luas.
Kepedulian
terhadap lingkungan/komunitas sebagai wujud Corporate Social Responsibility
dilaksanakan oleh perusahaan bukan karena Corporate Social Responsibility (CSR)
menjadi trend global, akan tetapi perusahaan memiliki kesadaran tentang pentingnya
mempraktekan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian
pada stakeholder yang telah memberikan dukungan terhadap kemajuan perusahaan.
Program
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dalam pelaksanaan Program Bina
Lingkungan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah
usaha BUMN agar masyarakat merasa ikut memiliki serta ikut bertanggungjawab
dalam pengamanan asset perusahaan dari berbagai rintangan yang ada. Dengan
demikian tercipta iklim yang sehat dan mendorong kondisi saling menguntungkan
antara swasta dan Badan Usaha Milik Negara serta memberikan manfaat kepada
masyarakat di wilayah usaha BUMN.
AKTIVITAS
PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Aktivitas
pengelolaan lingkungan meliputi kegiatan memberikan bantuan kepada korban
bencana alam, bantuan pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan, bantuan
dana sarana dan prasarana umum, perbaikan gedung sekolah dan bantuan dana
sarana ibadah, yaitu :
a)
Bantuan
kepada Korban Bencana Alam
Pada tanggal 10 November 2010
perusahaan melakukan program Jasindo Peduli Korban Bencana Alam bagi korban
Merapi di Jogja Solo dan Gempa Mentawai
b)
Bantuan
Pendidikan dan Pelatihan
Pada tahun 2010 perusahaan
melakukan program bantuan pendidikan dan pelatihan
c)
Bantuan
Peningkatan Kesehatan
Pada tanggal 22 Juni 2010
Perusahaan melakukan program peningkatan kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan
gratis bagi 368 warga perkampungan nelayan Poncol Marunda. Perusahaan juga
melakukan Khitanan Massal dengan jumlah peserta khitanan 225 orang pada tanggal
26 Juni 2010.
d)
Bantuan
Sarana Ibadah
Pada bulan Februari dan Maret 2010
perusahaan melakukan program perbaikan sarana ibadah baik masjid maupun gereja
di Jakarta, Makassar dan Kupang dengan total pembangunan prasarana 6 buah.
AKTIVITAS
PELESTARIAN LINGKUNGAN
Dalam
rangka menjaga pelestarian lingkungan (Jasindo Go Green) perusahaan pada
tanggal 25 Juni 2010 melakukan program pelestarian alam dengan penanaman pohon
bakau di Muara Karang sebanyak 200 batang pohon.
SERTIFIKASI ATAS
PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Sampai
saat ini perusahaan belum mendapatkan sertifikasi atas pengelolaan lingkungan.
Sumber :
No comments:
Post a Comment