Welcome To My Blog! Enjoy Your Sharing :)

Thursday, October 4, 2012

Kepribadian Bangsa Timur

Bangsa timur adalah bangsa yang dikenal sangat baik dan ramah, mempunyai sifat toleransi yang tinggi dan saling tolong menolong. Hal ini pun juga diakui oleh bangsa barat, contohnya adalah saat bangsa barat berkunjung ke wilayah negara timur, mereka pasti selalu berpendapat bahwa orang-orang timur itu baik dan ramah. Begitu pun dalam cara mereka berpakaian, bangsa barat berpendapat bahwa orang-orang dari negara timur sangat menjunjung tinggi kesopanan dalam hal berpakaian. Begitu pula dengan budaya dan adat istiadatnya, mereka (bangsa timur) dikenal sangat melestarikan budaya masing-masing dan mempunyai adat istiadat yang sangat mereka junjung tinggi, terutama di Indonesia.

Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat yaitu dari segi wilayah, lingkungan, gaya hidup, kebudayaan dan bahkan dari kebiasaannya pun berbeda. Menjelaskan tentang kepribadian bangsa timur, pasti semua kita tau bahwa bangsa timur itu sangat identik dengan benua asia yang sebagian besar penduduknya berambut hitam dan berkulit sawo matang, dan sebagian pula berkulit putih dan bermata sipit.

Di Indonesia, banyak sekali kebudayaan-kebudayaan dan kepribadian yang ada, karena seperti yang kita tahu bahwa indonesia memiliki banyak sekali suku sehingga sudah pasti kebudayaanya pun berbeda-beda.

Pada dasarnya masyarakat daerah timur dengan contoh Indonesia, sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika dan adat istiadatnya.

Masayarakat bangsa timur juga sangat terbuka dengan kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk ke negara mereka.  Contoh kebudayaan-kebudayaan asing yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat timur adalah unsur kebudayaan kebudayaan, seperti peralatan yang sangat mudah dipakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Contohnya : Handphone, Komputer, dan lain-lain.

Namun, tidak semua kebudayaan-kebudayaan asing yang bisa diterima oleh bangsa timur, seperti Indonesia. Ada juga kebudayaan-kebudayaan asing yang sulit diterima oleh bangsa timur. Contohnya seperti :
  • Unsur-unsur yang menyangkut kepercayaan seperti ideologi, falsafah hidup dan lain-lain.
  • Unsur-unsur yang dipelajari pada taraf pertama proses sosialiasi.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya kebudayaan-kebudayaan asing tersebut, seperti :
  1. Terbatasnya masyarakat yang memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
  2. Jika pandangan hidup dan nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama.
  3. Corak struktur sosial suatu masyarakat.
  4. Memiliki/mempunyai landasan-landasan unsur kebudayaan.

1 comment:

  1. Wow, very interesting article. For you information, Maybe you can add more complete information Here Sis

    ReplyDelete